Charisma Jayamandala Putra Manopo Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Authors

  • Charisma Jayamandala Putra Manopo Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Keywords:

Kinerja, Bellboy, Kualitas Pelayanan

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kinerja bellboy dalam meningkatkan kualitas pelayanan di Hotel Golden View Batam. Dalam penelitian ini menggunakan tehnik mengumpulkan data antara lain : Observasi, Wawancara, Dokumentasi, Study Pustaka. Setelah mengumpulkan data, dan selanjutnya menganalisis data dengan metode kualitatif yang disajikan secara diskriptif yaitu menguraikan apa yang ada dari permasalahan dalam penelitian. Seorang bellboy mempunyai peran
penting dalam melayani tamu yang tergantung pada kemampuan kerja, disiplin kerja, tanggung jawab kerja, dan kerjasama karyawan. Untuk mengetahui kinerja pelayanan bellboy dapat diketahui melalui tanggapan supervisor selaku atasan yang menilai kinerja bellboy dan kepada tamu yang telah menerima kinerja bellboy di Hotel Golden View Batam. Hasil tanggapan
supervisor terhadap Kemampuan Kerja Bellboy adalah Baik (2 responden 100%), tanggapan supervisor terhadap Disiplin Kerja Bellboy adalah Cukup Baik (2 responden 100%), tanggapan supervisor terhadap Tanggung Jawab Kerja Bellboy adalah Baik (2 responden 100%), tanggapan supervisor terhadap kerjasama antar karyawan adalah Baik (2 responden 100%). Hasil tanggapan
tamu melalui wawancara sebanyak 5 responden adalah sebagai berikut : tanggapan tamu terhadap Kemampuan Kerja Bellboy adalah Baik (3 responden 60%), Cukup Baik (2 responden 40%), tanggapan tamu terhadap Disiplin Kerja Bellboy adalah Baik (4 responden 80%), Cukup Baik (1 responden 20%), tanggapan tamu terhadap Tanggung Jawab Kerja Bellboy adalah Baik (3
responden 60%), Cukup Baik (1 responden 20%), Tidak Baik (1 responden 20%), tanggapan tamu terhadap Kerjasama antar Karyawan adalah Baik (5 responden 100%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tanggapan supervisor terhadap kinerja bellboy yang meliputi kemampuan kerja adalah baik, disiplin kerja adalah cukup baik, tanggung jawab kerja adalah baik dan kerjasama antar karyawan adalah baik. Dan tanggapan tamu terhadap kinerja yang diberikan
meliputi kemampuan kerja, disiplin kerja, tanggung jawab kerja dan kerjasama antar karyawan adalah baik.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aan Surachlan Dimyati, 1989 : Pengetahuan Dasar Perhotelan, Jakarta : PT. Daviragnan.

Agustinus Darsono, 1995 : Tata Graha Hotel (Housekeeping), Jakarta : Gramedia Widiasarana.

Agus Sambodo & Bagyono, 2006 : Dasar-Dasar Kantor Depan, Yogyakarta : CV. Andi Offset.

Published

2023-02-25

How to Cite

Jayamandala Putra Manopo, C. . (2023). Charisma Jayamandala Putra Manopo Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta. Jurnal Pariwisata Indonesia, 7(2). Retrieved from http://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/index.php/JPI/article/view/321