ANALISIS PERAN KINERJA ROOM ATTENDANT TERHADAP TINGKAT KEPUASAN TAMU DI AGAS INTERNASIONAL HOTEL SURAKARTA

Authors

  • Bagus Teguh Irawan Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Keywords:

Peran Kinerja Room Attendant, Tingkat Kepuasan Tamu

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Agas Internasional Hotel Surakarta dengan analisis deskriptif kualitatif ditunjang dengan studi pustaka. Metode atau teknik pengumpulan data, menggunakan populasi dan sampel, teknik pengumpulam data, sumber data, dan teknik analisis data.Berdasarkan variable (X - Y) dan beberapa teori yang digunakan dibuat hipotesis. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui sejauh mana faktor kedisiplinan kerja berpengaruh kepada tingkat kepuasan tamu di
Agas Internasional Hotel Surakarta. (2) Untuk mengetahui sejauh mana faktor kecepatan kerja berpengaruh pada tingkat kepuasan tamu di Agas Internasional Hotel Surakarta. (3) Untuk mengetahui sejauh mana faktor ketepatan kerja berpengaruh kepada tingkat kepuasan tamu di Agas Internasional Hotel Surakarta. (4) Untuk mengetahui sejauh mana faktor tanggung jawab juga berpengaruh pada tingkat kepuasan tamu di Agas Internasional Hotel Surakarta. Hasil penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa: kinerja room attendant berpengaruh terhadap tingkat kepuasan tamu di Housekeeping Departement Agas International Surakarta melalui kedisiplinan kerja, kecepatan kerja, ketepatan kerja dan tanggung jawab. Berdasarkan kuesioner penelitian, sebanyak 38% responden menjawab ya, tentang pengaruh kedisiplinan kerja
terhadap kepuasan tamu. sebanyak 29% responden menjawab ya, tentang pengaruh kecepatan kerja terhadap kepuasan tamu. sebanyak 45% responden menjawab ya, tentang pengaruh ketepatan kerja terhadap kepuasan tamu. sebanyak 33% responden menjawab ya, tentang pengaruh tanggung jawab terhadap kepuasan tamu. Kesimpulan penelitian ini bahwa (1) Kedisiplinan Kerja berpengaruh terhadap tingkat kepuasan tamu. (2) Kecepatan kerja berpengaruh terhadap tingkat
kepuasan tamu. (3) Ketepatan kerja berpengaruh terhadap tingkat kepuasan tamu. (4) tanggung jawab berpengaruh terhadap tingkat kepuasan tamu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar Prabu Mangkunegara, 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Graha Ilmu Yogyakarta

Azis Alimul, 2003. Metode Penelitian. Publishing PT. Salemba Medika. All rights reserved

Bary Cushway, 2012. Human Resources Management. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta

Published

2012-04-28

How to Cite

Teguh Irawan, B. . (2012). ANALISIS PERAN KINERJA ROOM ATTENDANT TERHADAP TINGKAT KEPUASAN TAMU DI AGAS INTERNASIONAL HOTEL SURAKARTA. Jurnal Pariwisata Indonesia, 8(1), 20–26. Retrieved from http://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/index.php/JPI/article/view/310