STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENUMPANG BUS WISATA WERKUDARA DI KOTA SURAKARTA

Authors

  • Arifa Mayangsari Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Keywords:

Stategi Pemasaran, Promosi, Bus Wisata.

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan strategi pemasaran bus wisata Wekudara dalam meningkatkan kunjungan wisatawan dan penerapannya; dan 2) untuk mengetahui merumuskan strategi yang harus diambil dari peluang, ancaman, kekuatan, dan kelemahan yang dimiliki bus wisata Werkudara dalam meningkatkan
kunjungan wisatawan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan analisis SWOT untuk menganalisis strategi pemasaran bus wisata Werkudara. Strategi yang digunakan bus Pariwisata Werkudara
menerapkan 4 komponen yang terdiri dari Product, Price, Place & Promotion yang merupakan Bauran Pemasaran yang biasa digunakan oleh pemasar. Strategi promotion mix yang digunakan oleh Bus pariwisata Werkudara berpengaruh pada peningkatan penumpang, dilihat dari data yang diperoleh dari Dinas Perhubungan Kota Solo pada Bulan April 2011 sampai bulan Juli 2012, hanya bulan Desember yang mengalami peningkatan penumpang. Jadi penerapan promosi yang dilakukan Bus Werkudara sudah cukup baik dalam meningkatkan kuota penjualan. Faktor pendukung dalam mempromosikan produk Bus Werkudara antara lain melalui Website, biro wisata, hotel, dinas perhubungan, atau dinas pariwisata, bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Solo, hal-hal tersebut sangat penting dalam penyaluran informasi atau promosi kepada
masyarakat. Mengenai fakor penghambat seperti keputusan yang bersifat desentralisasi dimana kebijakan werkudara ditetapkan oleh Dinas Perhubungan kota Solo misalnya mengenai strataegi promosi harus didistribusikan dahulu ke Kantor Dinas. Hasil analisis SWOT diharapkan dapat menjadi masukan bagi pihak yang berkepentingan (stakeholder) dalam merumuskan kebijakan-kebijakan selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Kirk, Jerome & Marc L. Miller. 1986. Reliability and Validity in Qualitative Research, Vol. 1. Beverly Hills; Sage Publication.

Kotler, P. 2003. Marketing Management.11th ed,, Upper Saddle River, New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Published

2012-04-19

How to Cite

Mayangsari, A. . (2012). STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENUMPANG BUS WISATA WERKUDARA DI KOTA SURAKARTA. Jurnal Pariwisata Indonesia, 8(1), 9–19. Retrieved from http://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/index.php/JPI/article/view/308