TINJAUAN TENTANG PERANAN BANQUET SERVICE TERHADAP TINGKAT KEPUASAN TAMU DALAM PENYELENGGARAAN EVENT DI HOTEL THE SUNAN SURAKARTA

Authors

  • Erni Widdyatatik Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Keywords:

Peran Banquet service, Tingkat Kepuasan Tamu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan terhadap timgkat kepuasan tamu,
pengaruh kemampuan kerja terhadap tingkat kepuasan tamu, pengaruh tanggung jawab kerja
terhadap tingkat kepuasan tamu di The Sunan Hotel Solo. Jenis penelitian yang digunakan dalam
penulisan tugas akhir ini adalah jenis penelitan deskriptif dengan analisa kualitatif yang dilakukan
melalui studi kasus tanggal 08 Agustus 2012-08 Februari 2013. Populasi dalam penelitian ini
adalah karyawan Banquet service di The Sunan Hotel Solo. Cara pengambilan sampel dilakukan
10 orang karyawan dan 5 orang tamu. Pengumpulan data dilakukan dengan metode lapangan
terdiri dari guest comment, observasi, kuesioner, dan studi pustaka. Teknik analisis yang
digunakanpada penelitian ini adalah teknik deskriptif kulitatif. Hasil penelitian di banquet service
The Sunan Hotel Solo menerapkan peran banquet service terhadap tingkat kepuasan tamu, yaitu
faktor pendidikan, faktor kemampuan kerja, faktor tanggung jawab kerja. Berdasarkan kuesioner
penelitian sebanyak 76% responden menjawab ya, tentang pendidikan terhadap tingkat kepuasan
tamu, sebanyak 72% responden menjawab ya, tentang kemampuan kerja terhadap tingkat
kepuasan tamu, sebanyak 88% responden menjawab ya tentang tanggung jawab kerja terhadap
tingkat kepuasan tamu di The Sunan Hotel Solo . Kesimpulan penelitian ini bahwa peran banquet
service dari karyawan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan tamu di The Sunan Hotel Solo
melalui faktor pendidikan, kemampuan kerja, dan tanggung jawab kerja.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budi, Hans, 2006. Iimu Pariwisata. Jakarta. Gramedia Pustaka.

Dimyati, Aan Surachman. 1989. Pengetahuan Dasar Perhotelan. Jakarta. Devisi Ganan.

Published

2012-03-03

How to Cite

Widdyatatik , E. . (2012). TINJAUAN TENTANG PERANAN BANQUET SERVICE TERHADAP TINGKAT KEPUASAN TAMU DALAM PENYELENGGARAAN EVENT DI HOTEL THE SUNAN SURAKARTA . Jurnal Pariwisata Indonesia, 7(2), 33–38. Retrieved from http://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/index.php/JPI/article/view/303