Pengaruh Kualitas Jasa Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Angkutan Udara Sky Aviation di Perwakilan Jakarta
Keywords:
Kualitas Jasa, Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, HargaAbstract
Perkembangan maskapai penerbangan yang dimiliki atau dikelola pihak swasta saat ini, menunjukkan perkembangan yang cukup tinggi, sehingga tingkat persaingan untuk mendapatkan pelanggan semakin sulit. Sejalan dengan hal tersebut akan menjadi tantangan bagi industry maskapai penerbangan yang dimiliki swasta dan pemerintah. Salah satu strategi yang dilakukan pemilik maskapai penerbangan baik pemerintah maupun swasta dalam mempertahankan atau meningkatkan jumlah pelanggan adalah dengan memberikan pelayanan yang berkualitas. Rumusan masalah dalam peneitian ini bagaimana pengaruh kualitas jasa (service quality) dilihat dari lima dimensi: tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy terhadap keputusan pembelian tiket jasa penerbangan Sky Aviation. Sedangkan hipotesis penelitian ini yaitu Kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian tiket jasa penerbangan Sky Aviation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas jasa (tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy) secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian tiket pelanggan dan untuk mengetahui pengaruh yang lebih dominan dari kualitas jasa (tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy) terhadap keputusan pembelian tiket jasa penerbangan Sky Aviation. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Manajemen Pemasaran yang berhubungan dengan kualitas pelayanan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dan jenis penelitiannya deskriptif kuantitatif. Adapun penelitian ini bersifat eksplanatori. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, mengedarkan daftar pertanyaan terhadap sampel sebanyak 91 responden dan studi dokumentasi. Untuk menguji hipotesis digunakan regresi berganda dengan melakukan uji t dan uji F.
Downloads
References
Amy K. Smith, Ruth N Bolton and Janet Wagner, A Model of Customer Satisfaction with Service Encounters Involving Failure and Recover, Journal of Marketing Research, Vol XXXVI, 366-472, 1999
Assel, Henry, Consumer Behavior and Marketing Action, PWS-KENT Publishing Company, Boston, 1996
Azwar Anas, Program Menjaga Mutu Produk (Aplikasi Prinsip Lingkungan Pemecahan Masalah), Yayasan Penerbit IDI, Jakarta, 1994.
Alex Mulya, Jacky Mussry, Michael Hermawan, Taufik, Yuswohady, Paul Patty, Suryo Soekarno, Hasan, The Next Marketing Strategy That Works!!!, PT Gramedia Pustaka Umum, Jakarta, 2007
Alex Mulya, Jacky Mussry, Michael Hermawan, Taufik, Yuswohady, Paul Patty, Suryo Soekarno, Hasan,The Second Generation, PT Gramedia Pustaka Umum, Jakarta, 2007
Bruno Hasson, Fashion Branding (7 jurus Sukses Branding Bisnis MLM Fashion), PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2008
Buchari Alma, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Edisi ke-2, CV. Alfabeta, Bandung, 1998.
Carty, MC. JE, dan William D. Perreault, Intisari Pemasaran (Sebuah Ancangan Manajerial Global), Binarupa Aksara, Jakarta, 1993
Chappy Hakim, Berdaulat di Udara (Membangun Citra Penerbangan Nasional), Kompas, Jakarta, 2010
Cravens, David W., Strategic Marketing, Fifth edition, Irwin Book Team, 1997
Curtis, Dan B., James J. Floyd, & Jerry L. Winsor, Komunikasi Bisnis dan Profesional, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 1998
Cooper, & Schindler, P.S. (2003). Business Research Method, International Edition, McGraw-Hill, Inc., New York.
David A Garvin, ”What Does ’Product Quality’ Really Mean ?” Sloan Management Review 26,1 (2004).
Dharmmesta, Basu Swastha dan T.. Hani Handoko, Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen. Edisi Pertama Cetakan Ketiga. BPFE, Yogyakarta, 2000
Engel, James F., Roger D. Blackwell, & Paul W. Miniard, Consumer Behaviour 8th edition, The Dryden Press, Orlando, 1995.
Erni Susana, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Membeli Film Kamera Merk Fuji Di Kotamadya Surabaya, 1995
Fuad Mas’ud, Survai Diagnosis Organisasional: Konsep dan Aplikasi, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang, 2004.
Glueck, Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan, Edisi Kedua, Penerbit Erlangga, Jakarta, 1999
Hair, Joseph F., Rolph E. Anderson, , Ronald L. Tatham, , William C. Black, Multivariate Data Analysis with Readings, Prentice Hall, 1995.
Handi D. Irawan, 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan, Paradigma Baru Merebut Hati Pelanggan untuk Memenangkan Persaingan, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2002.
Hawkins, Del I., Roger J. Best and Kenneth A. Coney, Consumer Behavior, Building Marketing Strategy, International Edition, 8th Edition. Irwin McGraw Hill. New York, 2001
Hermawan Kartajaya, 2000, Marketing Plus 2000, Siasat Memenangkan Persaingan Global, Cetakan kelima PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Husein Umar, Metode Riset Bisnis, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2004
Husein Umar, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2000.
Indriyo Gitosudarmo, Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama, Penerbit BPFE, Yogyakarta, 2000.
Keegan, Warren J., Pemasaran Global, Edisi Kelima, Prenhallindo, Jakarta,1997.
Keller, Kevin Lane, 1998, Strategic Brands Management: Building, Measuring¸and Managing Brand Equity, Prentice Hall, Inc., New Jersey.
Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan dan Pengendalian, Jilid Pertama, Jakarta : Erlangga, 1990
Kotler, Philip, According to Kotler, PT Bhuana Ilmu Populer, Jakarta, 2005
Kotler, Philip, Marketing Management, The Millennium Edition, Prentice Hall International, Inc., 2000
Kotler, Philip, and Gary Armstrong, G., Dasar Dasar Pemasaran, Alih Bahasa: Alexander Sindoro,Bambang Sarwiji. Jilid 1 dan 2, Edisi 9, Penerbit PT. Indeks, Jakarta, 2003.
Kotler, Philip, Swee Hoon Ang; Siew Meng Leong and Chin Tiong Tan, Manajemen Pemasaran Sudut Pandang Asia, Alih Bahasa: Ahmad Lukman, Tri Marganingsih, Jilid 2, Edisi 3, Penerbit PT. Indeks, Jakarta, 2005.
Laurensius Manurung, Strategi dan Inovasi Model Bisnis Meningkatkan Kinerja Usaha, PT Elex Media Komputindo, Jakarta, 2010
Tjiptono, Fandy, dan Gregorius Chandra, 2005, Service: Quality Satisfaction, Penerbit Andi, Yogyakarta
Perreault, William D. & E. Jerome McCarthy, Basic Marketing: A Global Managerial Approach, International Edition, McGraw Hill, North America, 1999
Petrazycki, Stephen., Menciptakan Nilai Bisnis Berwawasan Lingkungan, Alih Bahasa: Marcus P. Widodo, Penerbit PT.Prenhallindo, Jakarta, 2002.
Roy Goni, Playing to Win (Lngkah-langkah Cerdas di Tengah Pusaran Copycat Economy), PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2007
Rhenald Kasali, Membidik Pasar Indonesia Segmentasi Targeting Positioning, Jakarta, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, 1999.
Sea – Jin Chang, Sony vs Samsung (Strategi Perang Memperebutkan Supremasi Global), PT Gramedia, Jakarta, 2009
Schiffman, Leon G. & Leslie Lazar Kanuk, Consumer Behavior, Seventh Edition, Prentice Hall International, Inc., New Jersey, USA, 2000.
Singgih Santoso, Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik, PT. Elex Media komputindo, Jakarta, 2000
Singgih Santoso, Statistik Non Parametrik, Buku Latihan SPSS, PT Elex Media Komputindo, Jakarta, 2001
Singgih Santoso, SPSS Statistik Multivariat, PT Elex Media Komputindo, Jakarta, 2002
Singgih Santoso, & Fandy Tjiptono, Riset Pemasaran, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS, Penerbit PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2001
Smith, Paul.; Chris Berry and Alan Pulford, Strategic Marketing Communication, Revised Edition, Kogan Page Limited, London UK., 1999.
Sugiyono, Statistika untuk Penelitian, Alfabeta, cetakan keenam, 2004.
Sutisna, Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. PT. Remaja Rosdakarya Offset. Bandung. 2001.
Yamit, Zulian, 2002, Manajemen Kualitas Produk dan Jasa, Penerbit Ekonisia, Yogyakarta
Zeithaml, Valarie A, Mary jo Bitner, 2004, Service Marketing: Integrating Customer Focus Across The Firm, 3rd Ed, Mcgraw Hill, New York.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Bartolomeus Herawan Mintardjo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.