Pengaruh Kinerja Karyawan Terhadap Kualitas Bar di Hotel ZZ

Authors

  • Deny Asmara Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Keywords:

Disiplin, SOP, Kualitas Pelayanan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah membuktikan pengaruh disiplin kerja terhadap peningkatan kualitas pelayanan serta memaparkan penerapan SOP (Standard Operating Procedure) terhadap peningkatan kualitas pelayanan pada bar Hotel ZZ. Bentuk dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu dengan memaparkan hasil studi dengan cara mempelajari, mengumpulkan data, dan menggambarkan obyek yang diteliti dengan metode analisis data deskriptif kualitatif menurut perbandingan data primer dan data sekunder. Berdasarkan penelitian langsung tentang kualitas pelayanan dengan respon terhadap penilaian kehadiran kerja, kehadiran briefing, mice en place, tanggung jawab, kelengkapan, kelancaran kerja, serta sikap ramah dan sopan, ketaatan terhadap pelaksanaan SOP diketahui berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dan meminimalkan keluhan. Dari permasalahan dan hasil penelitian yang telah diuraikan, saran yang dapat penulis berikan kepada karyawan bar adalah SOP sebaiknya dilaksanakan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan perusahaan, kedisiplinan selalu diterapkan dalam meningkatkan kerja karyawan bar, kualitas pelayanan harus selalu diutamakan bagi kepuasan para tamu sehingga dapat tercipta kelancaran kinerja yang profesional terhadap peningkatan kualitas pelayanan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amik, Hamami. 1986. Pengetahuan Minuman dan Bar. Yogyakarta: PT. Rineka Cipta.

Gasperz, V. 1997. Pengantar Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta: Hajimas Agung.

Hasibuan, S.P. Malayu. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hunzieker dan K. Krapt. 2000. Basical Human Industry. Bogor: PT. Regent Publishing Service.

I.N.R. Pendit. 1998. Petunjuk Praktek Pramusaji di Food and Beverage Service. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Koetler Philip. 1997. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Lumanau. 2000. Bartender dan Mixologi. Yogyakarta: V.V Nur Cahaya.

Mangkunegara Prabu Anwar A. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Seyma Media.

Oka Yoeti. 1996. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa.

Power John Robert. 1995. Etiket dan Penampilan Remaja. Bahan Seminar.

Prabowo, Dodik dan Purwanto, Heru. 2006. TA. Peranan dan Profesionalisme Bartender terhadap Peningkatan Kualitas Minuman.

Rey A.M. 1985. Hospitaly Management Library. Michigan. Educational Institute of America. Hotel and Motel Association.

Sarwadi, Dicky. 1987. Minuman International dan Permasalahannya. Yogyakarta: PT. Liberty.

Senja, Aprilia. 2000. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Diva Publisher.

Sihite, Richard. 2000. Food and Beverage Service. Surabaya: SIC.

SK Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi No. KM 34/HK163/MPPT-87.

SK Menteri Perhubungan No. PM.10/PW301/PH6 77 dan Menparpostel No. 94/1987.

Sugiarto, Endar, dkk. 2002. Psikologi Pelayanan dalam Industri Jasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sulistiyono, Agus. 1999. Managemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 1996. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi.

W.J.S. Poerwadarmintha. 1999. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Zul Fajri, M. dan Senja, Ratu Aprilia. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Diva Publisher.

Published

2008-06-01

How to Cite

Asmara, D. (2008). Pengaruh Kinerja Karyawan Terhadap Kualitas Bar di Hotel ZZ. Jurnal Pariwisata Indonesia, 4(1), 1–15. Retrieved from http://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/index.php/JPI/article/view/13