Strategi Marketing Communications Mix Dalam Membangun Brand Image Produk di Hotel Sahid Jaya Solo

Authors

  • A Irfan Prasojoadi Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Budi Purnomo Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Keywords:

strategi, marketing communications mix, brand image

Abstract

Pencitraan sebuah merek sangat penting bagi perusahaan jasa, termasuk hotel. Hotel Sahid Jaya Solo sebagai perusahaan jasa melakukan aktivitas promosi untuk membangun pencitraan yang baik. Namun pertumbuhan kompetitor berdampak kepada pertumbuhan inovasi dan kreativitas dalam menciptakan strategi promosi. Sehingga stategi marketing communications mix sangat diperlukan dalam membangun brand image produk dan mendapatkan brand position yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran strategi marketing communications mix yang diterapkan Hotel Sahid Jaya Solo dalam membangun brand image produk. Penelitian dilakukan dengan pendekatan studi kasus selama tiga bulan serta penyebaran kuesioner yang diolah menggunakan software pengolah data statistik SPSS 20. Hasil penelitian kuesioner dinyatakan valid dengan nilai r hitung>r tabel 0,2638. Hasil uji reliabilitas Cronbach Alpha sebesar 0,906 yang artinya sangat reliable atau dapat dipercaya. Hasil uji normalitas dengan Skewness-Kurtosis dinyatakan bahwa semua variabel berdistribusi normal. Uji homogenitas semua variabel dinyatakan homogen dengan nilai Sig.>0,05. Uji korelasi parsial menunjukkan hanya empat variabel yang memiliki nilai Sig.<0,05 yaitu sales promotion, public relations, direct marketing dan word of mouth. Uji regresi liner ganda didapat nilai R2 sebesar 0,624 artinya hubungan antara variabel X dan Y adalah kuat. Diperoleh kesimpulan bahwa Hotel Sahid Jaya Solo menerapkan strategi marketing communications mix melalui advertising, sales promotion, public relations, personal selling, direct marketing dan word of mouth dan terdapat empat variabel yang memiliki korelasi dalam memberikan dampak yang signifikan dalam membangun brand image produk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusyana, Yus dan Islandscript. 2011. Olah Data Skripsi dan Penelitian Dengan SPSS 19. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Anonim. 2009. Pengertian Marketing.http://ariefmustofa.blogspot.com/2009/05/pengertian-marketing-communications.html. Diakses pada 10 Januari 2013

Anonim. 2011. Istilah-Istilah Dalam Dunia Marketing Communication Event Yang Penting Untuk Diketahui. http://www.makassarportal.com/2011/09/istilah-istilah-dalam-dunia-marketing-communication-event-yang-penting-untuk-diketahui.html. Diakses pada 10 Januari 2013

Anonim.2011. Stategi Marketing Communication.http://www.emasindotronik.blogspot.com/2011/03/strategi-marketing-communication.html. Diakses pada 10 Januari 2013

Anonim.Pengaruh Program Integrated Marketing Communication Terhadap Perilaku Pasca Menginap. http//repository.upi.edu/operator/upload/s_mpp_0607170_chapter2.pdf. Diakses pada 1 Juni 2013

Anonim.2009.Membangun Brand Image Produk.http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/05/membangun-brand-image-produk.html. Diakses pada 14 juni 2013

Buchari, Alma. 2005. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.Bandung: Alfabeta

Djarwanto.1996. Mengenal Beberapa Uji Statistik dalam Penelitian.Yogyakarta: Liberty, Gryna F.M.

Djaslim, Saladin. 2004. Manajemen Pemasaran (Analisis, Perencanaan, dan Pengendalian). Bandung: Penerbit CV. Linda Karya

Durianto, D, Sugiarto, Sitinjika, T. 2001. Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Equitas Merek dan Perilaku Merek”. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Durianto, Darmadi, Sugiarto dan Lie Joko Budiman. 2004. Brand Equity Ten-Strategi Memimpin Pasar. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama

Hurriyati, Ratih. 2008. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: CV Alfabeta

Kotler, Philip & Amstrong, Gary. 2008. Principles of Marketing. Jersey: Prentice Hall

Kotler, Philip, Gary Armstrong. 1998. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Prehallindo

Kotler, Philip & Keller.2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas, Jilid 2. Jakarta: PT. Indeks, Kelompok Gramedia

Nawawi, Hadari dab Martini, Hadari.1992.Instrumen Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada Press

Rubiyanti, Rika. Pengaruh Popularitas Terhadap Pilihan Pemilih Pemula (Fenomena Masuknya Artis Dalam Politik).http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/14863/1/09E01224.pdf. Diakses pada 15 Juni 2013

Silverman, George. 2001. The Secret of Word-Of-Mouth Marketing:How to triggerexponential sales through runaway word of mouth. AMACOM, United States of America

Sugiyono. 2007. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Penerbit CV Alfabeta

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Keduabelas. Bandung: Penerbit CV Alfabeta

Sulastiyono, Agus. 2006. Manajemen Penyelenggara Hotel. Bandung: Penerbit CV Alfabeta

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: PT. ANDI OFFSET

Tjiptono, Fandy, Gregorius Chandra dan Dedi Adriana. 2008. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: PT. ANDI OFFSET

Umar, Husein. 2005. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama

Umar, Husein. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Salemba Empat

Vebkatesh, A. and l. Penazola. 2004, From Marketing to The Market; A Call For Paradigm Shipt, in Shest, J.N. and Sisodia, R.S(ed.), Does Marketing Needreform? Fresh Prespektives on The Future Armonk. M.E Sharpe, Inc. pp.134-150New York.

Published

2013-06-01

How to Cite

Irfan Prasojoadi, A., & Purnomo, B. (2013). Strategi Marketing Communications Mix Dalam Membangun Brand Image Produk di Hotel Sahid Jaya Solo. Jurnal Pariwisata Indonesia, 8(2), 26–50. Retrieved from http://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/index.php/JPI/article/view/101