Strategi Marketing Communications Mix Dalam Membangun Brand Image Produk di Hotel Sahid Jaya Solo
Keywords:
strategi, marketing communications mix, brand imageAbstract
Pencitraan sebuah merek sangat penting bagi perusahaan jasa, termasuk hotel. Hotel Sahid Jaya Solo sebagai perusahaan jasa melakukan aktivitas promosi untuk membangun pencitraan yang baik. Namun pertumbuhan kompetitor berdampak kepada pertumbuhan inovasi dan kreativitas dalam menciptakan strategi promosi. Sehingga stategi marketing communications mix sangat diperlukan dalam membangun brand image produk dan mendapatkan brand position yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran strategi marketing communications mix yang diterapkan Hotel Sahid Jaya Solo dalam membangun brand image produk. Penelitian dilakukan dengan pendekatan studi kasus selama tiga bulan serta penyebaran kuesioner yang diolah menggunakan software pengolah data statistik SPSS 20. Hasil penelitian kuesioner dinyatakan valid dengan nilai r hitung>r tabel 0,2638. Hasil uji reliabilitas Cronbach Alpha sebesar 0,906 yang artinya sangat reliable atau dapat dipercaya. Hasil uji normalitas dengan Skewness-Kurtosis dinyatakan bahwa semua variabel berdistribusi normal. Uji homogenitas semua variabel dinyatakan homogen dengan nilai Sig.>0,05. Uji korelasi parsial menunjukkan hanya empat variabel yang memiliki nilai Sig.<0,05 yaitu sales promotion, public relations, direct marketing dan word of mouth. Uji regresi liner ganda didapat nilai R2 sebesar 0,624 artinya hubungan antara variabel X dan Y adalah kuat. Diperoleh kesimpulan bahwa Hotel Sahid Jaya Solo menerapkan strategi marketing communications mix melalui advertising, sales promotion, public relations, personal selling, direct marketing dan word of mouth dan terdapat empat variabel yang memiliki korelasi dalam memberikan dampak yang signifikan dalam membangun brand image produk.
Downloads
References
Agusyana, Yus dan Islandscript. 2011. Olah Data Skripsi dan Penelitian Dengan SPSS 19. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
Anonim. 2009. Pengertian Marketing.http://ariefmustofa.blogspot.com/2009/05/pengertian-marketing-communications.html. Diakses pada 10 Januari 2013
Anonim. 2011. Istilah-Istilah Dalam Dunia Marketing Communication Event Yang Penting Untuk Diketahui. http://www.makassarportal.com/2011/09/istilah-istilah-dalam-dunia-marketing-communication-event-yang-penting-untuk-diketahui.html. Diakses pada 10 Januari 2013
Anonim.2011. Stategi Marketing Communication.http://www.emasindotronik.blogspot.com/2011/03/strategi-marketing-communication.html. Diakses pada 10 Januari 2013
Anonim.Pengaruh Program Integrated Marketing Communication Terhadap Perilaku Pasca Menginap. http//repository.upi.edu/operator/upload/s_mpp_0607170_chapter2.pdf. Diakses pada 1 Juni 2013
Anonim.2009.Membangun Brand Image Produk.http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/05/membangun-brand-image-produk.html. Diakses pada 14 juni 2013
Buchari, Alma. 2005. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.Bandung: Alfabeta
Djarwanto.1996. Mengenal Beberapa Uji Statistik dalam Penelitian.Yogyakarta: Liberty, Gryna F.M.
Djaslim, Saladin. 2004. Manajemen Pemasaran (Analisis, Perencanaan, dan Pengendalian). Bandung: Penerbit CV. Linda Karya
Durianto, D, Sugiarto, Sitinjika, T. 2001. Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Equitas Merek dan Perilaku Merek”. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Durianto, Darmadi, Sugiarto dan Lie Joko Budiman. 2004. Brand Equity Ten-Strategi Memimpin Pasar. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama
Hurriyati, Ratih. 2008. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: CV Alfabeta
Kotler, Philip & Amstrong, Gary. 2008. Principles of Marketing. Jersey: Prentice Hall
Kotler, Philip, Gary Armstrong. 1998. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Prehallindo
Kotler, Philip & Keller.2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas, Jilid 2. Jakarta: PT. Indeks, Kelompok Gramedia
Nawawi, Hadari dab Martini, Hadari.1992.Instrumen Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada Press
Rubiyanti, Rika. Pengaruh Popularitas Terhadap Pilihan Pemilih Pemula (Fenomena Masuknya Artis Dalam Politik).http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/14863/1/09E01224.pdf. Diakses pada 15 Juni 2013
Silverman, George. 2001. The Secret of Word-Of-Mouth Marketing:How to triggerexponential sales through runaway word of mouth. AMACOM, United States of America
Sugiyono. 2007. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Penerbit CV Alfabeta
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Keduabelas. Bandung: Penerbit CV Alfabeta
Sulastiyono, Agus. 2006. Manajemen Penyelenggara Hotel. Bandung: Penerbit CV Alfabeta
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: PT. ANDI OFFSET
Tjiptono, Fandy, Gregorius Chandra dan Dedi Adriana. 2008. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: PT. ANDI OFFSET
Umar, Husein. 2005. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama
Umar, Husein. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Salemba Empat
Vebkatesh, A. and l. Penazola. 2004, From Marketing to The Market; A Call For Paradigm Shipt, in Shest, J.N. and Sisodia, R.S(ed.), Does Marketing Needreform? Fresh Prespektives on The Future Armonk. M.E Sharpe, Inc. pp.134-150New York.